Top Ad unit 728 × 90

Terupdate

recent

TUTORIAL MEMBUAT DATABASE DI MYSQL

TUTORIAL MEMBUAT DATABASE DI MYSQL
Assalamaualaikum Wr.Wb.,
Di sini saya akan bagikan mengenai tentang tutorial membuat database di mysql.,
Sebelum saya bagikan tentang cara tutorialnya alangkah baiknya ente terlebih dahulu mengenal apa itu mysql.,
ok saya akan jelaskan terlebih dahulu mengenai pengertian mysql.
Simak dan pahami tulisan yang ada berikut ini.
MySQL adalah suatu perangkat lunak database relasi (Relational Database Management System atau RDBMS). MySQL dan SQL itu sendiri berbeda, yakni MySQL adalah program atau software sedang SQL adalah bahasa perintahnya, SQL itu sendiri kepanjangan dari Structured Query Language yakni suatu sintaks perintah-perintah tertentu atau bahasa (pemrograman) untuk mengelola suatu database.
ok setelah ente sudah tahu tentang apa itu mysql tanpa menunggu lama, langsung saja bagaimana cara membuat database di MySQL
cara membuat database di MySQL
Pertama ente masuk ke program MySQL yang telah ente install sebelumnya
Kemudian jika ente ingin melihat semua database yang tersimpan di MySQL dapat dengan perintah “SHOW DATABASES; ” tanpa tanda kutip ok. :)
Kemudian ketik ” create database MAHASISWA; ” untuk membuat database baru bernama MAHASISWA dan aktifkan database MAHASISWA tersebut dengan mengetikan perintah ” use MAHASISWA; ” , lihat gambar dibawah ini :
Kemudian membuat tabel dan field pada database yang dibuat dengan perintah ” create table DATA ” lihat gambar di bawah :
Nah, jika telah selesai silahkan ente cek table yang ente buat tadi dengan mengetikan perintah ” show tables; ” utuk melihat table dan ” descrime DATA; ” untuk melihat field yang telah anda buat tadi;
Pada gambar diatas, yang berlingkar tersebut adalah PRIMARY KEY dimana PRIMARY KEY itu sendiri adalah pembeda field-field yang telah dibuat. Selanjutnya bagaimana memasukkan data atau record pada database yang telah dibuat, ketik perintah ” insert into DATA ” dan ikuti perintah yang ada pada gambar untuk mengisi data selanjutnya :

Demikianlah Tutorial kali ini tentang membuat database di mysql.,
Selamat belajar dan sampai jumpa lagi di tutorial-tutorial selanjutnya ok :)
Semoga bermanfaat.. amiinnn..
Wassalamualaikum Wr.Wb


TUTORIAL MEMBUAT DATABASE DI MYSQL Reviewed by Unknown on 08.31.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by solvingdroid © 2014 - 2015
Designed by Bthemes4u

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.